Jumat, 02 November 2018

Cara Menulis Copywriting Dengan Baik Dan Benar

Cara Menulis Copywriting Dengan Baik Dan Benar - Pengertian Copiwriting

Ada yang tau enggak definisi dari copywriting? Copiwriting merupakan sebuah tulisan singat yang mengandung makna untuk mempromosikan sesuatu, baik itu barang, jasa, tokoh, ide, ataupun pendapat. Orang yang menulis copywriting bisa disebut dengan copywriter

copywriting
Foto: www.copywriting.com

Untuk menjadi copywriting yang sukses ada harus memiliki keahlian dalam menulis, memilih kata, merangkai tata bahasa, memilih gaya penulisan, dan editing. Seorang copywriting yang bagus tidak akan mengunakan kata kata yang terlalu berlebihan apalagi bersifat yang tidak jujur dalam menawarkan suatu produk

Ketika anda ingin menjadi seorang copywriter, anda jangan pernah melakukan yang namanya manipulasi keadaan produk. Kenapa? Karena dengan mamanipulasi keadaan produk itu akan membahayakan reputasi dalam bisnis anda

Sebuah copywriting yang dibuat dengan sangat baik akan dapat menghipnosis para pembacanya untuk membeli produk yang anda tawarkan. Pada duni internet, copywriting ini bisa digunakan dalam semua bidang, mulai itu dari marketing sampai blogging

Dalam blogging ini copywriting merupakan salah satu strattegi yang sangat terbukti sekali ampuh untuk menaikan traffic kunjungan blog. Pada internet marketing, copywriting ini sudah menjadi salah satu strategi jitu yang mampu meningkatkan target penjualan

Tujuan Dari Copywriting

Tugas seorang copywriter merupakan menulis. Namun, ternyata tidak hanya sekedar menghasilkan sebuah tulisan yang memberikan suatu informasi umum, seperti produk ataupun jasanya, kelebihan, hingga lokasi kantor perusahaannya. Seorag copywriter justru memiliki suatu keahlian khusus perihal yang mengumpulkan kata kata yang mearik. Di bawah ini ada tujuan dari copywriting yang wajib kamu ketahui

1. Menulis konten yang akan membuat nama bisnis anda positif

Sebuah konten materi brosur, media sosial, dan press release pada media cetak yang merupakan hal krusial. Satu kali kesalahan yang membuat para pembaca kecewa seperti terlalu banyak kesalahan dalam tulisan, gaya bahasa yang tidak sesuai, atau membosankan, akan memberikan efek negative pada perusahaan yang terkait. Karena pemilihat kalimat yang akan menjadi perwakilan dari citra sebuah bisnis

2. Menyampaikan pesan yang tepat

Menjadi seorang copywriter sangat dituntut untuk memiliki ide ide yang segar dalam menyampaikan sebuah pesan. Yang pada umumnya sudah melewati tahapan riset terhadap seputar seluk beluk target konsumen

Hasil tersebut akan sangat mempengaruhi bagaimana cara penulisan sebuah materi yang persuasif dan lembut. Pada kalangan yang mewah pasti mereka ingin membaca penulisan yang glamour sesuai dengan gaya hidup mereka. Yah, begitu juga dengan pihak yang lainnya

3. Goalnya berbeda dengan content writer

Ada sebuah perbedaan antara menjadi copywriter dengan content writer. Seorang yang copywriter harus selalu menggali sebuah strategi agar menampilkan artikel yang berbeda dan sangat menarik. Yah, kalian pasti dong kalian para calon target konsumen tidak akan mungkin membaca tulisan yang sama untuk kedua kalinya. Nah, disini para copywriter akan membantu perusahaan lewat proaktif yang akan selalu mencari solusi tulisan yang terus menarik. Dengan goal tersebut akan memberikan peningkatkan bisnis di kantor yang sudah terkait

4. Menulis untuk media lain

Bukan hanya itu saja, copywriter harus lebih memahami bagaimana harus menulis untuk media tertentu. Yah bilang saja seperti menulis untuk artikel di website tentu akan berbeda denga press release yang akan ditampilkan dalam media cetak. Untuk akun jejaring twitter  mempunyai batasan karakter. Bagi copywriter harus membantu memaksimalkan fungsi media sosial lewat pemilihan kata yang tepat pada penulisan tersebut

5. Menyatu dengan bisnisnya

Anda lebih baik menggunakan jasa copywriting yang ada di pihak tertentu. Seorang copywriting harus mampu mendalaimi tentang barang atau jasa, sehingga akan  lebih mudah menyampaikannya. Ketika seorang copyewriting sudah menentukan gaya bahasa, maka mereka akan menuliskannya dengan gaya yang sama

Sikap yang konsisten juga harus tetap di jaga, yah khususnya adalah dengan menyatu dengan perusahaannya. Walaupun tidak menyatu, setidaknya anda bisa lebih memahami dengan apa yang digemari oleh target knsumen

Masih banyak lagi sih tujuan dari copywriting ini. Apalagi copywriting ini sangat penting sekali dalam bidang bisnis yang sedang anda jalankan. Sebagai salah ssatu contohnya adalah alat yang digunakan oleh copywriting ini bukanlah sekedar tulisan saja. Tetapi ada juga sebuah unsure yang bersifat ajakan melalui kata kata yang berisi informasi

Manfaat Copywriting

Pada beberapa tahun terakhir, sudah banyak sekali orang yang membicarakan tentang copywriting ini. Terlebih lagi bai para internet marketing, terus apa sih keistimewaannya dari tenik copywriting tersebut? Yah pada dasarnya teknik copywriting ini sangat sekali dibutuhkan untuk segala kepentingan marketing, baik secara online maupun dengan jenis marketing yang ada lainnya
Copywriting ini juga memiliki manfaat yang tersendiri loh. Secara umum copywriting ini memiliki manfaat untuk meningkatkan efektifitas marketing. Pada dunia marketing sendiri memang banyak sekali teknik serta trik yang harus dipahami bagi seorang copywriter

Copywriting ini juga merupakan salah satu bagian dari suatu teknik marketing yang sangat sefektif. Dengan adanya penerapan copywriting ini anda juga bisa meningkatkan efektivitas dalam proses marketing anda. Dalam dunia periklanan juga copywriting ini sangat berguna dalam meningkatkan daya tarik orang terhadap iklan yang talah anda buat. Dengan begitu, anda akan lebih baik dalam tingkat efektivitas

Tanggung Jawab Copywriter

Bagi seorang copywriter juga memiliki tanggung jawab yang utama dalam konten periklanan yang sangat verbal maupun tekstual, yang sering sekali berisi salinan yang menerima informasi dari klien.
Seorang copywriter juga sangat bertanggung jawab sekali untuk bercerita, kerajinan yang sedemikian rupa sehingga beresonasi dengan penampilan atau pun pemc=baca, ideal juga harus menghasilkan respons yang emosional

Etika Copywriting

Menjadi seorang copywriting ini juga memiliki etika dalam menyampaikan sebuah pesan yang akan diunggah dalam blog maupun artikel yang ada di website. Apa saja itu etikanya? Berikut inilah etika yang harus dimiliki oleh seorang copywriting

1. Harus jujur, sangat bertanggung jawab dan sama sekali tidak bertentangan dengan hukum hukum yang berlaku
2. Dalam sebuah penulisan juga tidak boleh menggunakan kata kata yang menyinggung perasaan dan merendahkan martabat sebuah negara, agama, susila, adat, budaya, suku, serta golongan
3.Seorang copywriting juga harus menjiwai asas persaingan yang sehat

Menjadi seorang copywriting juga harus dapat menarik perhatian para pembaca, dapat membagun citra atau image yang positif tentang produk dan produsen (perusahaan), serta efektif dan efisien ataupun sangat tepat sasaran

Soft Selling Copywriting

Copywriting ini sudah sering sekali dijadikan sebagai trik berjualan, yang secara umum terdapat dua jenis cara penjualan yang sudah sering sekali dilakukan. Cara pertama yaitu hard selling yaitu kita sebagai penjual berjualan dengan secara terang terangan. Dimana kita memaparkan semua produk yang anda jual, dan menarik orang untuk membeli produk anda. Sekarang hard selling ini sudah dianggap kurang efektif untuk diterapkan

Sedangkan pada cara kedua terdapat soft selling, cara ini merupakan seorang penjual harus berjualan dengan cara yang halus. Anda dianjurkan berjualan tanpa afanya kesan berjualan. Teknik soft selling ini dimasukkan dalam tenik copywriting

Kenapa begitu? Karena pada dasarnya teknik soft selling ini merupakan salah satu bagian dari teknik copywriting itu sendiri. Pada teknik soft selling ini, anda diminta untuk mengelola kata kata yang sebaik mungkin agar anda tidak terkesan saat sedang berjualan dan tidak memaksa orang lain untuk membeli produk anda. Cara ini sangat cukup efektif sekali untuk saat ini gunakan, apalagi dalam pengunaan internet marketing

Kenapa Copywriting Penting Dalam Internet Marketing

Sudah tau bukan apa itu copywriting? Copywriting ini merupakan sebuah tulisan yang singkat yang mengandung makna untuk mempromosikan sesuatu, seperti produk kecantikan, obat, makanan, jasa, dan lain sebagainya. Copywrriting ini merupakan salah satu teknik dalam pemasaran serta penjualan yang dilakukan lewat sebuah tulisan

Copywriting ini dibuat dengan teknik yang sangat baik yang bisa menghipnotis para pembacanya untuk membeli produk yang anda tawarkan. Pada dunia internet, copywriting ini bisa digunakan dalam semua jenis bidang, mulai dari marketing sampai blogging

Dalam bloging, copywrting ini merupakan salah satu dar starategi yang sangat terbukti sekali ampuh dalam menaikan traffic kunjungan blog anda. Sedangkan dalam dunia marketing, copywriting ini telah menjadi salah satu dari teknik yang jitu untuk meningkatkan omset penjualan anda. Nah, inilah alasan kenapa copywriting ini sangat penting dalam internet marketing

1. Copywriting mengajak orang mengenal produk atau jasa anda

Copywriting ini benar benar dapat menghipnotis para pembaca yang mulai mencari tahu bagaimana dan apa kelebihan yang ada pada produk atau jasa anda. Awalnya memang para pembaca hanya mencari tahu, tapi setelah membaca maka mereka akan mulai tertarik untuk mencoba produk yang anda tawarkan pada mereka

2. Copywriting seperti salesman

Pada umumnya seorang selesman menawarkan suatu produk ataupun jasa dengan bujukan yang sangat terkesan sekali memaksa, sehingga bukannnya konsumen ingin membeki produk tersebut justru para konsumen tersebut akan merasa geli dengan tingkah laku para selesman. Copywriting ini dapat membujuk para calon pembeli dengan cara yang sangat halus, sehingga pembeli tidak akan merasa terpaksa dan dipaksa untuk membeli produk yang anda tawarkan

3. Copywriting mempengaruhi emosional seseorang

Dalam sebuah buku yan mengatakan bahwa bukan logikalah yang mempengaruhi keputusan seseorang manusia, melainkan emosi mereka, buku tersebut ditulis oleh Antonio Damasio. Perkataan Antanio Damasio ini sudah sangat sekali terbukti, 90% orang membeli sesuatu karena mereka ingin bukan karena mereka butuh. Dengan adanya teknik copywriting, ini mampu membuat para calon pembeli tidak hanya merasa ingin membeli barang tersebut, tetapi mereka juga membutuhkan barang tersebut

4. Copywriting strategi ampuh untuk meningkatkan penjualan

Dalam internat marketing ini sudah banyak sekali strategi yang biasanya dilakukan untuk meningkatkan presentasi penjualan. Nah, salah satu strategi tersebut telah terbukti sangat ampuh sekali dengan menerapkan copywriting dalam sebuah iklan

Copywriting yang unik yang dapat menarik dan sangat berkesan aakan membuat orang menjadi semakin penasaran. D ari rasa penasaran tersebutlah yang memunculkan sebuah keinginan untuk membei produk yang anda tawarkan

Cara Sederhana Dalam Membuat Copywriting

Sebuah copywriting yang bagus tidak akan membuat tulisan dengan menggunakan kata kata yang terlalu berlebihan apalagi tulisan tersebut berisikan ketidakjujuran dalam menawaran sebuah roduk.Ketika kalian sudah menjadi seorang copywriter maka anda jangan pernah menipulasi keadaann produk batang atau jasa yang sedang anda jual

Karena sebuah profesi apapun yang berunsur ketidakjujuran akan sangat membahayakan reputasi bisnis yang akan anda lakukan. Ingin beajar copywriting berikut ini saya berikan 5 cara sederhana dalam membuat copywriting. Walaupun pembuatannya sederha tapi tetap menjual loh

1. Copywriting Sederhana Hanya Mempunyai 1 Tujuan

Sangat berbeda dengan copywriting yang sangat kompleks, copywriting yang sederhana ini hanya memiliki satu tujuan. Contohnya ketika anda menjual gamis, maka anda akan membuat tujuan copywriting ini adalah dengan menjual 1000 gamis dalam jangka waktu 1 bulan. Dalam membuat tujuan tersebut, anda harus menuliskannya dengan spesifik, jelas, strategis, singkat, dan tunggal serta difungsikan agar aktivitas pemasaran akan lebih terarah

2. Rancanglah Strategi Pesan Copywriting

Ada empat hal yang sangat penting yang harus anda pikirkan sebelum membuat copywriting yaitu sebagai berikut:

1. Pikirkanlah tentang sebuah produk barang ataupun jasa yang akan anda jual. Apakah menurut anda produk tersebut bisa menarik banya konumen dan menyaingi competitior produk sejenis?
2. Pikirkanlah bagaimana cara agar produk tersebut bisa terjual? Apakah dengan menambahkan ilustrasi, gambar, harga cort, diskon, bonus, atau yang lainnya?
3. Pikirkanlah faktor faktor yang harus anda kembangkan dan strategi apa yang tepat untuk anda mengembangkannya. Baik itu yang terkait dengan produk itu sendiri, konsumen, pasar, dam cara penyampaian pesan tersebut
4. Pilih judul yang akan merangsang para pembaca

Hal tersebut sangat penting. Kenapa? Karena jika dari judul saya anda mampu membuat daya tarik minat para pembaca, maka para pembaca pun tidak akan meneruskan membaca iklan yang anda tawarkan sampai selesai

Dari sebuah oenelitian yang telah dilakukan oleh salah satu lembaga pemasaran terkenal di Indonesia, telah ditemukan ada 8 dari 10 orang yang hanya membaca lewat judul dan 2 orang yang langsung membaca isi dari bacaan tersebut

Maka dari itu, buatlah judul yang semenarik mungkin yang bisa merangsang para pembaca tuiisan anda sampai akhir. Anda juga bisa menawarkan manfaat ganda, meningkatkan konsekuensi yang ditanggung ataupun menciptakan urgensi

3. Jalin Komunikasi Dengan Pembeli

Anda harus membangun sebuah oercakapan dengan pembeli senyata mungkin seolah olah mereka ada di hadapan anda. Hal ini berdasarkan dari hasil sebuah survey yang berisi kegagalan dalam sebuah bisnis dalam menjual produknya anda dipengaruhi oleh kurangnya kemampuan sang penjual dalam membangun sebuah komunikasi dengan pembeli

Anda harus memilih customer service yang sangat ramah, supel, dan memiliki suara yang enak
didengar untuk berkomunikasi dengan calon pembeli. Anda juga boleh membuat teks yang berisi komunikasi, tapi jangan kalimat yang mencontoh sesuai dengan teks karena hal tersebut akan terkesan sangat kaku

Bangunlah sebuah percakapan yang mengalir, berirama, informal, dan alami dengan calon pembeli agar mereka lebih tertarik untuk membeli produk anda. Ketika anda bisa menyentuh hati para konsumen dengan produk dan pelayanan yang sangat baik, merekapuntidak akan segan untuk membicarakan produk anda kepada keluarga dan teman mereka

4. Pendekatan Pesan Dan Gaya Bahasa

Dalam sebuah periklanan ada beberapa pendekatan yang harus dipenuhi yaitu rasional, emosional, kombinasi, dan moral. Secara rasional, anda harus menyampaikan nilai gunanya sebuah produk yang akan anda tawarkan, kinerja produk, serta waktu yang tepat untuk menggunakan produk tersebut

Secara emosional, sebuah produk harus mampu meberikan sebuah efek emosional seperti rasa nyaman dan sangat percaya diri. Secara kombinasi, produk tersebut harus memiliki kombinasi pendekatan rasional dan emosional

Serta secara moral, produk yang anda tawarkan anda haruslah mampu mengubah kebiasaan seseorang dari yang pada awalnya kurang ataupuntidak baik. Dan dari segi gaya bahasnya copywriting iklan anda haruslah bersifat eksploratif, informative, naratif, argumentatifdan retoris

5. Penerapan Kriteria AIDCA

Dalam copywriting periklanan yang dibuat haruslah memenuhi criteria AIDCA. A, yaitu Attention yang memiliki arti iklan harus mampu menggoda audiens. I, yaitu Interest yang memiliki arti iklan harus mampu mempengaruhi sbeuah hasrat audiens. C yaitu Conviction yang memiliki arti iklan harus mampu menyakini para pembaca. A yaitu Action yang memiliki arti iklan harus mampu menghasilkan output berupa sebuah aksi atau tindakan yang diharapakan dari audiens yang telah membacanya

Terima kasih telah membaca situs saya yang mengenai cara menulis copywriting yang baik dan benar. Semoga bisa menjadi bacaan kita untuk belajar copywriting yang baik dan benar. Mohon maaf jika ada kesalahan kata dalam penulisan saya. Semoga bisa menambah wawasan anda tentang copywritig

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

12 Kura Kura Terbesar Di Dunia

12 Kura Kura Terbesar Di Dunia - Anda tau bukan kura kura itu hewan yang bagaimana? Kura kura adalah hewan yang memiliki empat kaki dan ber...